Jumat, 14 Februari 2014


Apa itu Fingerstyle ?

Fingerstyle (Fingerpicking Style) adalah teknik bermain gitar dengan cara memetik senar secara langsung menggunakan ujung jari, kuku, atau pick yang dipasang di jari, berlawanan dengan teknik Flatpicking (memetik senar menggunakan flatpick).

Fingerstyle bisa juga di artikan sebagai teknik bermain gitar dimana melodi, bass line, harmonisasi pengiring maupun (kadang-kadang) perkusi bisa dimainkan bersamaan hanya dengan satu gitar. Beberapa gitaris fingerstyle dunia yang sangat dikenal saat ini adalah Andy Mckee, Tommy Emannuel, Kotaro Oshio ,Sungha Jung, dan lain-lain. Di Indonesia, Jubing Kristianto adalah Gitaris Fingerstyle yang banyak menjadi panutan di Indonesia (IFGC).

Sebelum ke teknik Fingerstyle, maka harus hafal chord gitar dahulu. (Belajar Chord Dasar Gitar)

Pertama, untuk menjadi pemain fingerstyle, maka dapat dimulai dengan mengubah cara bermain gitar. Tepatnya anda harus memetik senar-senar gitar anda tersebut dengan menggunakan ujung jari-jari tangan anda. Itulah cara yang digunakan dalam memetik senar gitar di fingerstyle. Sebelum terbiasa mungkin anda akan merasa sakit, namun lambat laun juga itu akan hilang dengan sendirinya sehingga anda kan lebih enjoy lagi dalam memainkan cara fingerstyle anda tersebut.

Kedua, Fingerstyle dalam Bermain Gitar akan lebih sukses lagi jika anda sering melakukan senam jari. Apa yang dimaksud senam jari dalam bermain gitar? Senam jadi dalam dunia gitar adalah cara untuk melenturkan jari-jari tangan kita supaya tidak kaku ketika memetik gitar. Untuk melakukan senam gitar, maka anda harus memetik senar gitar mulai dari senar paling atas hingga kebawah atau dari senar bawah keatas yang dilakukan secara bolak-balik sampai jari-jari tangan anda terasa lebih lincah dalam memetik gitar tersebut. Lihatlah video tutorial untuk bersenam jari dengan cara mengakses internet anda.

Keetiga, jika senam jari anda sudah membuahkan hasil, maka langkah yang selanjutnya adalah latihan rutin. Menerapkan apa yang sudah anda dapatkan dalam senam jari tersebut akan membuat anda semakin terlatih. Anda dapat melakukannya dengan cara memainkan melodi dalam sebuah lagu. Lakukanlah secara rutin kegiatan tersebut untuk memaksimalkan anda dalam memainkan fingerstyle. Cobalah untuk tidak meninggalkan latihan di keseharian anda supaya anda tidak merasa lupa lagi terhadap fingerstyle yang sudah anda dapatkan tersebut.

1 komentar: