Jumat, 14 Februari 2014

Belajar gitar bukan hal yang instan dan magic untuk melakukanya . banyak orang yang berbondong bondong bahkan rela mengeluarkan lembaran rupiah untuk belajar chord dasar gitar . tapi apa kita harus mengikuti privat untuk lancar dalam chord dasar ? saya katakan tidak dalam tahap pembelajaran chord dasar . mengapa ? karena chord dasar merupakan hal yang paling bawah dalam gitar dan sangat memungkinkan untuk orang dalam mempelajarinya dengan tepat .



 Saya memiliki kenalan yang mungkin kita bisa ambil sisi positif nya , dalam waktu 3 bulan katakan saja nama teman  saya "Lindar" . Lindar mengikuti privat gitar selama 3 bulan hanya demi dapat mahir dan lemas dalam mempelajari chord dasar gitar . bahkan saat praktek dan bermain . belum sesempurna dan semahir yang diharapkan dan lain halnya dengan teman saya yang katakan saja "Garin" . Garin tidak mengikuti private . dia hanya membaca artikel dan setiap saat dia mempraktekanya dan alhasil dalam kurn waktu 1 bulan setengah . Garin sudah hampir lebihmahir daripada Lindar

Apa yang bisa dipetik dari kesimpulan diatas ? yakni bahwa bukan saluran i,mu dari orang lain yang berpengaruh penting , tapi kegigihan kita dalam mencapai suatu hal . jadi mulai lah dari niat anda untuk bermain gitar tanpa harus memikirkan hal hal yang lain .

Pada kesempatan kali ini saya akan memandu anda untuk Belajar chord gitar dasar . dalam hal pembelajaran kali ini tidak ada yang mengatakan bosan , tidak ada kata ga seru , tidak kata pengen cepat bisa tanpa usaha . tinggalkan fikiran tentang hal seperti itu .


Hal yang harus anda perhatikan dalam belajar gitar :

1. Pelemasan Jari
             Langkah tahap awal yang pertama yakni gitar harus sudah siap di tangan . apa yang dimaksud dengan pelemasan jari ?. Pelemasan jari merupakan teknik para pembina untuk membina muridnya dalam melemaskan tangan (Ini sudah sering saya lihat dalam pembelajarn privat) . tujuan dari pelemasan jari tersebut adalah supaya seseorang yang akan belajar gitar telah melemaskan jari dan saat membentuk chord tidak begitu kaku

Dalam tahap awal pembelajaran chord dasar gitar biasanya seringkali terdapat kesalahan pada seseorang yang sedang belajarnya . apa itu ? . Langsung memegang dan mempraktekan chord gitar . ini salahsatu dari bagian kesalahan seseorang dalam tahap awal . dalam waktu seketiak . tangan akan kaku dan tidak enak untuk digerakan . sama halnya dengan olahraga , apa maksud dan tujuan dari pemanasan . itulah mengapa pelemasan jari sangat penting .

Apa saja yang bisa kita lakukan untuk melemaskan jari kita ?  sebenarnya sangat banyak tapi yang paling dasar biasanya adalah membuka tutup jari tangan (seperti pemanasan dalam bermain basket/volley) . atau menggerakan jempol sampai kelingking secara menyusun dalam waktu yang berbeda tapi saling menyambut .

2. Pelajari titik chord
            Jangan hanya dalam hal praktek saja yang perlu kita ketahui namun dalam segi teori pun kita harus mengerti garis besanya walaupun kita belajar secara otodidak . 



  #Senar paling bawah adalah senar nomer 1 (bukan nomer 6) dan senar paling atas adalah senar nomer 6 (bukan nomer 1). ini yang sering dilakukan kesalahan saat pemula mempelajari tahap awal gitar . sebaiknya lebih teliti

Basic Chord 
C - D - E - F - G - A - B - C  [Mayor]
Cm - Dm - Em - Gm - Bm - Cm [Minor]

3. Praktekan langsung pada gitar
           Setelah mempelajari titik chordnya , langsung saja praktekan pada gitar . sebenarnya tidak seharusnya langsung menghafal titik chord . bisa saja satu persatu dalam mempeljari titik chord yang terpenting setelah kita mempelajari titik chord nya jangan lupa untuk mempraktekanya . berapa lama yang dibutuhkan untuk melancarkan chord dasar ini ?

sangat disarankan dalam waktu 3 minggu , setiap hari luangkan waktu 1 jam untuk mempelajari , mempraktekan dan menghafalkan titik chord . bukan sedikit orang yang dalam waktu 2 atau 1 minggu bisa mempelajari , praktek , dan menghafalkan chord tapi masih dalam artian belajar , bukan mahir .

4. Praktekan pada lagu yang mudah
          chord dasar sudah hafal , sudah di praktekan , sudah terkuasai maka lanjut pada tahap praktek pada lagu . jangan melakukan kesalahan pada praktek ini . kesalahan apa yang dimaksud ? kesalahan memilih lagu yang kita suka dan padahal lagu itu merupakan lagu yang tingkatanya cukup sulit . tidak sedikit orang yang menyerah karena hal sepele ini .

disarankan untuk memilih lagu yang mudah , walaupun anda tidak terlalu suka . hari demi hari lagu itu akan disukai , jadi teruslah praktek pada lagu yang mudah . kriteria apa yang disebut lagu yag mudah ?
sebenarnya tidak ada kriteria dalam menentukan tingkat kesulitan lagu , karena  dalam 3 chord dasar saja bisa menjadi lagu yang rumit bila musisi itu cerdas . tapi untuk pemula yang sdang memilih lagu yang mudah untuk mempraktekan gitar contoh : chord gitar tidak terlalu banyak (mungkin 3 - 4 chord , dan kalau di ulang ulang itu lebih bagus) , tidak ada chord gantung atau Kres (#) , aliran pop . mengapa diajukan aliran pop ? karena aliran pop sangat mudah diikuti untuk pembelajaran gitar .

Berapa lama harus melancarkan ini ? dalam waktu 3 bulan luangkan waktu 1 jam dalam setiap hari untuk menguasai lagu . 3 bulan usahakan mempelajari 6 lagu dan samapi mahir . karena dalam pembelajaran gitar yang paling penting adalah . Bisa karena terbiasa itu yang terpenting .

Dalam tahap belajar chord dasar itu sudah mencakup banyak materi dalam hal tersebut . tapi yang sangat menentukan adalah keinginan kita untuk bisa keinginan kita untuk biasa . dalam proses pembelajaran gitar yang sering dialami adalah sakit pada ujung jari . abaikan sakit itu dalam waktu 1 bulan sakit itu akan hilang karena kita sudah terbiasa .




0 komentar:

Posting Komentar